SERBA SERBI : Kesehatan Seputar Komputer




Tahukah anda, layar komputer memancarkan elektron yang terus menerus dan menumpuk pada dinding tabung layar anda? baik mulai dari layar monochrome, cga(colour graphic adapter), ega (enhanced graphic adapter),vga(Video graphic adapter),SVGA, maupun CRT(kita sering mengenalnya dengan layar flat).
Dan tumpukan elektron tersebut memiliki dampak baik pada ketahanan layar itu sendiri maupun pada tubuh kita sebagai penghantar (ground) ke tanah.

Sebaiknya anda tahu.. pada saat anda berada didepan komputer, berarti anda sedang berhadapan dengan listrik, elektromagnetik tinggi,piringan magnet (Harddisk anda), meskipun dikemas dengan begitu menarik, begitu kokoh dan aman - tetap harus diingat bahwa anda sedang menghadapi perangkat elektronik yang memiliki pengaruh secara elektronis pula pada tubuh anda.

Bagi anda yang suka berlama-lama bekerja didepan komputer, ada baiknya untuk mencoba trik - trik menjaga kesehatan anda, ini adalah implementasi dari ilmu Human Computer Interraction.


1. Perhatikan, apakah Stecker untuk listrik ke komputer sudah ada ground-nya?

2. Bila tidak ada ground, maka dapat dibuat media ground sederhana sebagai berikut :

a.Siapkan kabel kecil(1 kepala) kelupas kulit kedua ujung kabel hingga nampak serat logam kabelnya, di salah satu ujung kabel tersebut pasangkan capitan.

b.Capitkan bagian kabel tersebut ke body dari komputer, usahakan mengenai bagian logam.

c.Jika perlu, perkuat lagi dengan selotip

d. Bagian lain dari kabel diletakkan di sudut ruang atau sudut tembok meja komputer, dapat dijempitkan dikaki meja atau diselotip ke siku tembok (sudut 90' tembok dan lantai)


e. Jika kabelnya cukup panjang dan memadai hingga luar rumah/ruang kerja, maka lilitkan ujung kabel tersebut pada seutas paku, dan tanamkan paku tersebut ke dalam tanah.

Maka kini komputer anda sudah memiliki fasilitas ground yang memadai.

3.Biasakan untuk melepas alas kaki dan menempelkannya ke lantai, agar tumpukan elektron yang masuk ke tubuh dapat dilepaskan ke tanah agar tubuh kita menjadi penghantar/transistor yang sempurna. (Jika anda mengenakan alas kaki, maka tubuh menjadi Isolator dan menyimpan tumpukan elektron dari komputer)


4.Sesekali palingkan kepala anda dan memandang ke arah lain, untuk mengistirahatkan kelelahan mata anda dari layar monitor

5.Jangan lupa minum air putih disela-sela bekerja di depan komputer,karena tubuh anda sangat cepat sekali mengalami kekurangan cairan tubuh saat bekerja didepan komputer.

6.Jauhkan perangkat handphone dari layar komputer, radiasi magnetis dari handphone dapat merusak layar anda.

7.Aktifkan ScreenSaver setiap 10' agar layar tidak cepat rusak (ilustrasi sederhana, pancaran warna di tabung layar anda seperti curahan air hujan dikaca mobil yang terus menerus menumpuk disatu titik(pixel), dan screen saver adalah wiper kaca mobil anda, yang akan menghapus setiap tumpukan air tersebut)

Selamat Bekerja

Tidak ada komentar: