Seminar Bisnis Online

Jumat kemarin saya menghadiri seminar "Dahsyatnya Bisnis Online" di Ballroom hotel Preanger, Bandung. ada kurang lebih 60-an peserta dari berbagai usia dan profesi.
Pembicaranya sdr. Wikan Pribadi dan Cheriatna, dua pembicara dari sisi edukasi dan model bisnis online yang berbeda.



Di sesi 1, Wikan pribadi memberikan gambaran tentang bisnis online, dimana dirinya saat ini sudah memiliki penghasilan 4 digit menuju 5 digit US$
Apa yang dilakukannya?
Dia menulis artikel - artikel di internet, membuat blog - blog, ikut forum blog, serta me-review sebuah produk / tulisan... yang dibayar :)

Dipaparkan pula mengenai pem-posisian blog di mesin pencari kata (google), page-rank,alexa rank dan trik - trik memperoleh uang melalui internet.

rekan Wikan Pribadi banyak melakukan aktifitas blog menggunakan wordpress, serta membentuk komunitas blogger dan artikel review, yang memperoleh beragam nilai pembayaran, mulai dari 1 US$ hingga ada artikel yang bisa bernilai US$ 1000.

Sesi - 2, rekan Cheriatna, memaparkan bisnis onlinenya berupa menjual produk, lebih pada ke MLM dan jasa Pialang produk. bisnis yang membuatnya sukses meskipun pendidikannya hanya SMA... siapa bilang mesti pendidikan tinggi untuk jadi sukses ? ;)

Ditinjau dari pengetahuan... mungkin masih merupakan pembuka cakrawala bagi mereka - mereka yang ingin tahu bagaimana sih berbisnis online....

Ada peserta yang masih kelas 6 SD dan sejak kelas 3 SD sudah menggeluti komputer dan internet.. ini yang sangat menarik bagi saya.. karena anak itu.. suatu saat akan menjadi besar di bisnis On-line, mengingat dirinya di usia dini sudah membuat blog, website (domain .com)

Juga ada peserta berusia k.l 60-an yang suka menulis dan berusaha tulisannya dapat membangkitkan semangat generasi muda Indonesia, karenanya dia ingin tahu bagaimana membuat blog dan situs di internet.

Bagi yang sudah expert di dunia informasi, maka seminar ini lebih pada berbagi cerita antar sesama netpreneur..

Belum sampai kepada ulasan SEO dan teknis yang lebih dalam, karena setelah seminar, ada formulir pendaftaran pelatihan dari mereka ... hemm .. trik berjualan jasa yang nggak ada habis-habisnya ;)

Tidak ada komentar: