Jam Mekah, Sebuah Standar Waktu Internasional baru

 Sejak kamis 12 Agustus 2010 Jam setinggi 600 Meter dan dengan lebar jam 45 meterdi Mekkah mulai aktif, dan oleh pemerintah Arab Saudi diharapkan akan menjadi acuan 1,5 Milyar penduduk Muslim dunia.


Dengan 21 ribu lampu hijau dan putih yang siap berpendar di setiap saat shalat tiba, dapat dilihat dari jarak 18 mil atau 28,8 kilometer.

"Menurut ulama Mesir Yusuf Qardawi, Mekkah lebih tepat ditetapkan menjadi poros bumi. Dalam talkshow Syariah dan Kehidupan, Yusuf menegaskan bahwa Mekka adalah meridian utama dan menjadi "titik keselarasan magnetis sempurna".



Yusuf Qardawi mengutarakan,  kota suci Mekkah adalah "nol zona magnet". Data ini dikuatkan oleh beberapa temuan ilmuwan Arab seperti Abdul Basyit dari Pusat Penelitian Nasional Mesir yang mengatakan bahwa tidak ada gaya magnet di Mekkah." - sumber : tempointeraktif.com

Kehadiran jam ini akan menggoyahkan standar penentuan waktu yang selama 125 tahun berpatokan pada standar GMT, yang dihitung dari bujur 0 derajat yang melewati Observatorium Greenwich.

Sebuah terobosan baru yang patut diacungi jempol mengingat akan ada pertentangan - pertentangan mengenai acuan standar waktu internasional.

Bukankah dalam standar kalender - pun ada dua bahkan lebih standar tahun, masehi dan hijriah.. dan semuanya dapat berjalan beriringan. 

Dan menilik pada rahasia kota Mekkah, dimana sejak jamannya nabi Ibrahim a.s  (bapaknya para nabi) sudah menjadi sentra perhatian seluruh umat beragama, jalur sutra perdagangan, tentu pemilihan tempat ini bukanlah sekedar soal gengsi dan supremasi keilmuan, agama, ras dll pembeda antar manusia.... tentu kota ini dijadikan "titik sentral" ibadah umat muslim semenjak seribu empat ratusan tahun yang lalu karena ada "sesuatu" nya yang secara ilmu pengetahuan berhubungan dengan waktu, kondisi magnet bumi, rotasi dan lain sebagainya yang banyak diteliti oleh ilmuwan - ilmuwan arab dan bangsa barat.
 
Ada begitu banyak situs dan blog yang mengulas tentang hal ini, beragam komentar di situs2 tersebut, baik yang memuji, mencemooh, merendahkan dan banyak lagi, akan tetapi dengan kearifan dan mawas diri akan pengetahuan, terlebih rencana penetapan waktu tersebut  sudah dianalisa, ditelaah selama bertahun - tahun sebelumnya dengan dukungan2 pengetahuan para ilmuwan, yang notabene diakui di kalangan ilmuwan dunia, investasi besar dari sebuah negara   besar, adalah tidak pada tempatnya untuk berbicara dan berpendapat dengan "0" pengetahuan.

Bagaimanapun ini merupakan salah satu terobosan yang besar di abad ini dalam melakukan penetapan waktu dunia, dan mesti diingat ... ada banyak terobosan2 yang awalnya ditentang lalu menjadi patokan seluruh dunia... (paham heleocentris yang mematahkan paham geocentris dan banyak contoh peristiwa besar yang merubah standar sebelumnya)

by: Inderawan

Tidak ada komentar: