Tujuh Aturan Dasar SEO








Tujuh Aturan Dasar SEO  
(The Seven Rules of Search Engine Optimization)



  • Memahami Tujuan Konsumen
Analisa kata kunci adalah batu pijakan untuk memulai kampanye SEO. Memahami kebutuhan klien akan mengarahkan anda pada tindakan pemilihan kata kunci yang tepat, dan membantu mendatangkan pengunjung yang tepat ke web yang dibangun. Ada banyak kesalahan yang dilakukan oleh pembuat website pada saat menentukan kata kunci yang akan dipilih. Menentukan target kata kunci yang salah karena kekurangpahaman akan kebutuhan klien dalam membuat web, akan mengakibatkan hilangnya traffic dan konsumen potensial untuk web tersebut.



  • Jangan Tergesa untuk membangun Link
Sebuah hal yang krusial bagi search engine untuk melihat keragaman dalam membangun link yang tumbuh secara perlahan. Terdapat perbedaan besar saat anda melakukan "sedikit" kecurangan dalam membangun Link - dan membangun link secara alami (natural). 
Search engines sangat perduli untuk selalu kucing-kucingan dengan spammers dan para pemain black hat SEO, dan Search Engine tidak ingin kecolongan oleh mereka. Jika anda terlalu cepat membangun banyak link, meskipun link - link itu berasal dari situs - situs yang memiliki kualitas link bagus, hal ini akan menaikkan bendera merah (red flag) pada search engines bisa saja situs anda akan di penalti.



 
  • Isi Web adalah Raja
Konten (isi web) adalah segalanya yang dipublikasikan dan dapat dibagikan di internet. Didalamnya meliputi Isi halaman Blog, posting blog, artikel,podcasts, video, whitepapers dsb. Hal ini merupakan FAKTOR TERPENTING untuk membangun kesuksesan SEO dari sebuah web secara jangka panjang. 
Konten harus selalu ditulis untuk pembaca, bukan ditulis untuk search engine. ANda harus ingat bahwa Search Engine bukanlah PEMBELI dari produk dan jasa yang ditawarkan diwebsite, tetapi manusia yang berkunjung ke website anda lah yang akan menjadi pembeli. Mengoptimalkan konten akan memudahkan search engine menemukan web anda, tetapi jangan lupa untuk lebih membuat konten yang mudah ditemukan manusia. 



 
  • Bertindak Strategis, Tidak Ngawur
Hal ini lebih dikhususkan pada pemasaran via sosial media dan sosial SEO. Jika anda mau, anda dapat saja membuat ratusan profile di twitter untuk mempromosikan website anda. Tetapi bukankah nilai nyata yang anda peroleh dari hal itu adalah anda hanya akan memperoleh Link saja ? Anda tidak perlu melakukan segala aspek SEO dalam satu waktu sekaligus..
Kenyataannya, tidak pernah ada cukup waktu dalam sehari untuk melakukan begitu banyak pekerjaan SEO tersebut. Pilih salah satu alat perang SEO anda, sehingga anda tidak perlu kepayahan mengerjakan segalanya. Membanjiri market dengan SEO berkualitas rendah tidak akan dapat membantu anda untuk membangun brand atau reputasi web yang baik.




  • SEO Adalah Tindakan Jangka Panjang
Mungkin hal terberat bagi para pemula SEO adalah membungkus dan membatasi isi kepala untuk selalu mencoba SEO. SEO bukanlah sebuah tindakan cepat untuk pemasaran secara online. Anda tidak akan bisa menjadi rangking satu di halaman google untuk semua kata kunci yang anda pilih saat besok, minggu depan atau bahkan bulan depan. Dibutuhkan waktu yang lama untuk membangun faktor - faktor yang meyakinkan search engine atas website anda.
 SEO dibangun sepanjang masa oleh SEO itu sendiri. Dan saat anda mencapai halaman satu di search engine bukan karena itu terwujud dalam satu hari. Internet selalu tumbuh dan berkembang secara terus menerus. Jika anda ingin selalu berada di paling atas, maka anda harus selalu bekerja untuk membuatnya tetap diatas. Dan tidak butuh waktu lama untuk membuat website anda terjatuh posisinya manakala anda membatalkan atau merubah SEO anda.
.


  • Ikuti Aturan Searh Engine
Google, Bing dan Yahoo mengharapkan anda melakukan hal yang benar dengan SEO anda karena akan membantu search engine tersebut membersihkan pencarian mereka dari situs - situs sampah lainnya. Sebuah SERP (Search Engine Result Page) yang baik akan memberikan kenyamanan para pengguna search engine. Semua Search engines saat ini menjalankan bisnis yang memberikan kenyamanan pada konsumen, sebagaimana bisnis - bisnis lainnya . Jika situs web anda tidak dapat membantu search engine untuk mewujudkan hal tersebut, maka situs anda tidak akan memperoleh pemeringkatan yang baik. Itulah mengapa setiap pemilik website dan pemasar website diharapkan membaca petunjuk (Webmaster Guideline) dari search engine Google dan Bing. erdasarkan pertimbangan petunjuk (Guideline) tersebut maka alur SEO anda bagaikan diatas pasir. Jika alur SEO yang anda gunakan menggunakan metode black hat, maka segeralah untuk membuang dan mengabaikan alur tersebut. Sangat mudah bagi search engine untuk men-test sisi black hat SEO, jika anda menemukan pesaing anda melakukannya dan nampaknya web dia jauh diatas anda, tetaplah untuk TIDAK menggunakan alur SEO tersebut. Cepat atau lambat search engine akan menemukannya dan akan segera mempenalti web tersebut


  • Mengintegrasikan Segalanya
Menggabungkan marketing online dan marketing offline (didunia nyata) dapat memberikan dampak luas dan meningkatkan kualitas SEO web anda. Satu kesalahan besar yang biasa dilakukan adalah memisah-misahkan kegiatan marketing. SEO bekerja dengan baik jika dilakukan kerjasama, menjadikan sebuah komponen esensial untuk marketing online.
Jika perusahaan anda memiliki departemen / unit kerja marketing yang banyak, jangan tergesa- gesa memisahkan orang SEO kembali ke bagian IT. Bawa masuk orang tersebut dalam tim marketing, dimana tim kerja marketing dapat merumuskan strategi pemasarannya, yang dapat dijalankan baik didunia nyata maupun dunia maya. Dengan begitu pemasaran online anda akan mencapai hasil yang sangat memuaskan.


Sumber : A SPN Exclusive Article By Nick Stamoulis (c) 2011

Tidak ada komentar: